KAMPAR (Mimbarkita.com) - Kabupaten Kampar mengusung beberapa misi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau IX 2" />
Selasa, 25-Januari-2022 | Jam Digital
22:53 WIB - Suku Talang Mamak Terima Bantuan dari Gubernur Riau | 22:51 WIB - Wakapolda Riau Resmi Launching Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun | 22:50 WIB - Kapolda Serahkan Penghargaan Personel Berprestasi Operasi Lilin 2021 | 22:48 WIB - Pemprov Riau Ikuti Exit Meeting Hasil Asesmen Kesiapan WBS TPK Terintegrasi | 22:45 WIB - Dinas UPT Kesehatan Laksanakan sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Usia 6-11 tahun | 22:43 WIB - Sosialisasi Perda No 17 Tahun 2012 digelar di Kecamatan Maniamolo
www.mimbarkita.com
 
Dengan Kekuatan 486 Kontingen
Kampar Siap Rebut Juara Umum di Tanah Peradaban
Sabtu, 28-10-2017 - 09:35:00 WIB

TERKAIT:
 
  • Kampar Siap Rebut Juara Umum di Tanah Peradaban
  •  

    KAMPAR (Mimbarkita.com) - Kabupaten Kampar mengusung beberapa misi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau IX 2017. Salah satu misi yang sangat penting adalah merebut gelar juara umum ketika perhelatan pesta olahraga tiga tahunan terbesar se-provinsi Riau itu digelar di tanah peradaban Kabupaten Kampar.

    Semangat untuk meraih gelar juara umum itu dilontarkan kembali oleh  Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM ketika mengukuhkan Kontingen Porprov Riau IX 2017 Kabupaten Kampar di halaman Kantor Bupati Kampar, Kamis (26/102017).

    Dengan Kekuatan kontingen Kampar yang berjumlah 486 orang yang terdiri dari 386 orang atlet dan 100 orang pelatih serta official, Negeri Serambi Mekkah siap merebut gelar juara umum.

    Dalam upacara pengukuhan kontingen tersebut, Bupati Kampar menyerahkan bendera Kabupaten Kampar kepada Ketua Kontingen yang juga Komandan Batalyon Infanteri132 Salo, Mayor Inf Aidil Amin.

    Azis menyampaikan tiga harapannya kepada kontingen. Pertama, menjadi yang tercepat, kedua terkuat, dan ketiga terhebat. "Kalau begini, saya yakin kita akan jadi primadona dan mampu meraih juara umum," kata Azis.

    Dia yakin juara umum itu akan bisa direbut. Hal ini terlihat dari kegigihan atlet saat berlatih. Apalagi, kemampuan para atlet sudah tak diragukan lagi. "Para atlet sudah lakukan latihan dalam waktu yang panjang," ulas Azis.

    Selain itu, dia juga berharap kepada masyarakat untuk memberikan semangat kepada atlet yang bertanding. "Mari kita doakan seluruh kontingen kita yang hebat-hebat ini. Mudah-mudahan menjadi juara umum,” sebutnya.

    Ketua Kontingen Kampar, Mayor Inf Aidil Amin, tak kalah semangat. Ia mengatakan, para atlet Kampar sudah melalui beberapa proses. Mulai dari seleksi, latihan, dan pemusatan latihan selama 16 hari. "Pemusatan latihan ini kita lakukan di Batalyon, Stanum, dan Pekanbaru," kata dia.

    Untuk kontingen Kampar, katanya, ada sebanyak 486 orang. Jumlah ini terdiri dari 386 atlet dan 100 orang pelatih dan official. "Cabang olahraga yang diikuti ada sebanyak 22 cabang," terangnya.

    Melihat dari beberapa proses yang telah dilalui oleh para atlet, Aidil yakin bahwa Kampar mampu menjadi juara umum. "Kami nyatakan kesiapan, dan target kami adalah Kampar juara umum sebagai tuan rumah," katanya.

    Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kampar, Abdul Gafar, mengatakan bahwa Kampar mampu berjaya di tanah peradaban. "Tanah di mana kita pernah berjaya. Di tanah ini kita tumpahkan harapan. Pantang menyerah, dan raihlah juara," ujarnya memberi semangat kepada para atlet. Menurutnya, dengan raihan 80 hingga 90 medali emas, Kampar berpeluang menjadi juara umum.

    Bupati Kampar, H Aziz Zaenal, menyerahkan bendera kepada Ketua Kontingan Kampar Ketua Kontingen yang juga Komandan Batalyon Infanteri 132 Salo, Mayor Inf Aidil Amin.

    Langkah perjuangan Kampar dalam perburuan medali akan dimulai pada tanggal 28 Oktober 2017 hingga 8 November 2017 mendatang. Pada tanggal 28 Oktober ini pesta olahraga se-provinsi Riau itu akan dibuka oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman.

    Adapun target itu diantaranya dari cabang atletik 10 emas, bola basket 2 emas, bola voli indoor 1 emas, bulu tangkis 7 emas, catur 7 emas, karate 5 emas, kempo 5 emas, pencak silat 8 emas, panjat tebing 10 emas, renang 15 emas, sepak takraw 1 emas, tinju 5 emas, tarung derajat 4 emas, taekwondo 8 emas, balap motor 4 emas, sepakbola 1 emas dan tenis lapangan 2 emas.

    Target itu cukup berdasar sebab didukung prestasi yang telah dicapai beberapa cabor diantaranya cabor tenis meja, karate dan panjat tebing berhasil menjadi juara umum kejuaraan daerah beberapa waktu lalu.

    Sementara cabang sepakbola baru-baru ini berhasil meraih gelar juara I pada Piala Gubernur Riau di Pekanbaru.

    Kemudian untuk cabor bulu tangkis 3 atlet Kampar adalah peserta PON 2016 lalu di Bandung. "Cabang basket dilatih ketua Perbasi Nasional, datang langsung melatih ke Kampar dan catur pelatihnya tingkat nasional. Banyak strategi yang telah dijalankan cabang-cabang," terang pria yang akrab disapa Buya itu.

    "Kalau kami jumlahkan medali emas yang direbut 92 medali emas," tambahnya.

    Lebih lanjut Gafar menyampaikan, untuk menjadi juara umum, hanya ada satu kunci yaitu kerja keras. "Tak apa darah menetes ketika berlatih daripada air mata bercucuran ketika kalah dalam pertandingan," tegas Gafar.

    Menurutnya, sejauh ini atlet telah melaksanakan latihan berjalan tahap pertama dari  Oktober sampai Desember 2016. Kemudian latihan berjalan tahap kedua yang diikuti oleh 495 orang atlet plus official digelar dari Juli sampai Desember 2017 mendatang.

    "TC terpusat rencananya di Batalyon 132 Salo," bebernya.

    Sekretaris Panitia Porprov Riau IX tahun 2017, Heri Susanto, kepada wartawan, Rabu (11/10/2017) lalu di ruang kerjanya menyampaikan, secara keseluruhan, persiapan panitia hampir rampung.

    Ia optimis bahwa sebelum pembukaan Porprov Riau IX 2017, Kampar telah benar-benar siap menyambut 3.917 orang atlet, pelatih dan official.

    Ia menjelaskan, kesiapan layanan untuk pelatih, atlet dan official berkaitan transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan, keamanan dan LO sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan. Persiapan layanan ini sudah berkoordinasi dengan KONI Provinsi Riau.

    Menghadapi pelaksanaan pertandingan, kabupaten Kampar juga telah mempersiapkan 386 orang dan 100 orang atlet bersama official, terbanyak kedua setelah kabupaten Bengkalis yang menurunkan 388 orang atlet dan 99 pelatih dan official. Sebanyak 386 orang atlet ini telah mulai menjalani pemusatan latihan yang dibuka oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri, di Batalyon Infanteri 132 Salo, Senin (10/10/2017).

    Sementara itu berdasarkan hasil verifikasi keabsahan atlet, pelatih dan official Porprov Riau IX 2017 Kabupaten Kampar, Selasa (10/10/2017), jumlah atlet yang akan bertarung di iven olahraga terbesar  di Riau itu berjumlah 3.092 orang, pelatih dan official 825 orang. Dengan jumlah total 3.917 orang.

    Ajang ini memperebutkan 325 keping medali emas, 325 medali perak dan 468 medali perunggu dengan total medali 1.118 keping medali.

    "Kesiapan personil pelaksana pertandingan sudah ditetapkan panitia pelaksana masing-masing cabang olahraga termasuk seluruh perangkat pertandingan sesuai dengan cabangnya sudah disiapkan," ujar Heri.

    Berdasarkan paparan Layanan Porprov Riau IX 2017 Kabupaten Kampar pada Delegation Registration Meeting (DRM) di Bangkinang, Selasa (10/10/2017) disampaikan bahwa layanan protokol, kedatangan kontingen kabupaten/kota mulai tanggal 26 Oktober 2017.

    Kedatangan kontingen dimulai 26 Oktober 2017 di tiga lokasi yaitu di Lapangan Pelajar Bangkinang, Taman Kota Bangkinang dan Komplek Kantor Bupati Kampar.

    Lapangan Pelajar Bangkinang untuk menyambut kontingen dari Pekanbaru, Dumai, Pelalawan, Inhu. Kemudian di Taman Kota Bangkinang untuk menyambut kedatangan dari Kabupaten Rohul, Siak, Rohil dan Inhil. Sedangkan di komplek Kantor Bupati Kampar untuk menyambut kontingen Bengkalis, Kuansing dan Kepulauan Meranti.

    Selanjutnya acara Welcome Party dalam rangka menyambut kontingen dari berbagai daerah dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2017 di Rumah Dinas Bupati Kampar dan dilanjutkan open ceremony Sabtu, 28 Oktober pukul 19.00 WIB.

    Untuk layanan akomodasi, panitia menyediakan beberapa tempat penginapan di Bangkinang Kota dan rumah penduduk. Di Bangkinang Kota, ada 18 cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding dan disediakan 375 unit rumah yang akan menampung 3.039 atlet, pelatih dan official.

    Kecamatan Bangkinang 3 cabang olahraga yaitu bulu tangkis, pencak silat, penyisihan cabor sepakbola yang menyediakan 107 unit rumah dan menampung 541 orang atlet, pelatih dan official.

    Di kecamatan Salo akan bertanding satu Cabor yakni karate dan disediakan 30 unit rumah yang akan menampung 201 orang atlet, pelatih dan official.

    Selanjutnya di kecamatan Kampar satu Cabor yaitu babak penyisihan sepakbola disediakan 12 rumah yang akan menampung 104 atlet, pelatih dan official.

    Sedangkan di kecamatan XIII Koto Kampar satu Cabor yaitu dayung dan disediakan 56 unit rumah yang akan menampung 226 atlet, pelatih dan official.

    Berkaitan layanan konsumsi, seluruh kontingen diberikan makan sebanyak tiga kali sehari dan snack pagi serta sore sesuai standar gizi yang ditetapkan tim kesehatan.

    Untuk layanan kesehatan disediakan di setiap venue dengan rumah sakit rujukan diantaranya RSUD Bangkinang dan Puskesmas Bangkinang Kota, Bangkinang, Salo, Kampar serta XIII Koto Kampar.

    Bupati Kampar, Aziz Zaenal (kiri) menyalami kontingan kabupaten Kampar.

    Berkaitan layanan informasi, panitia membentuk Media Centre di Dinas Informasi Komunikasi dan Persandian di jalan Ahmad Yani, Bangkinang, Sekretariat KONI Kabupaten Kampar di jalan Pahlawan Tuanku Tambusai, dan kantor PWI Kampar di Jalan Ahmad Yani, Bangkinang.

    Untuk layanan keamanan ditempatkan di tempat acara, venue pertandingan dan tempat umum lainnya. Melibatkan 300 orang personil dari Polri, TNI dan Satpol PP Kabupaten Kampar. Layanan hubungan daerah disediakan untuk setiap kontingen kabupaten/kota.

    Layanan Leasson Officer disediakan bagi kontingen dan ditempatkan di penginapan dan venue pertandingan. LO sebanyak 276 orang dan masing-masing kontingen kabupaten kota sebanyak 23 orang untuk melayani pimpinan kontingen dan setiap Cabor.

    LO bertugas mulai dari kedatangan, pelaksanaan pertandingan sampai dengan kepulangan sesuai dengan jadwal pertandingan masing-masing cabor.

    Sementara itu, untuk kontribusi akomodasi dan konsumsi. Berdasarkan pokok-pokok penyelenggaraan Porprov Riau IX 2017 Bab XI tentang Kontribusi Akomodasi dan Konsumsi, bahwa biaya 50 persen ditanggung panitia pelaksana dan 50 persen ditanggung oleh masing-masing kontingen kabupaten/kota.

    Sementara itu pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kampar di bawah pimpinan Ketua H Abdul Gafar siap membawa Kampar menuju juara pada Porprov Riau IX tahun 2017.

    "Kita berharap peran serta cabang olahraga benar-benar maksimal, karena Porprov tahun depan Kampar menjadi tuan rumah dan semboyan kita adalah Kampar juara," ujar Gafar.

    Dia menambahkan, Cabor yang dibina Kampar saat ini cukup banyak yakni mencapai 20 Cabor. "Bagaimana setiap cabang betul-betul memanfaatkan atlet asli Kabupaten Kampar mulai dari tingkat desa harus kita jaring atlet berbakat," ujar Gafar.

    Mantan Ketua Gapensi Kampar ini mengaku tak ingin kehilangan kesempatan pada Porprov 2017 mendatang di Kabupaten Kampar sehingga Kampar bisa meraih gelar juara umum. Ia bertekad akan menggunakan atlet dari Kampar hasil pembinaan di masing-masing cabang olahraga.

    Meskipun sulit, tetapi Abdul Gafar yakin mampu menaikkan peringkat Kampar dari peringkat ketujuh pada Porprov 2014 di Indragiri Hulu menjadi juara umum. Untuk menjadi tuan rumah ini, Kampar membangun 5 venue dan 11 venue perbaikan.

    Adapun lokasi venue Porprov Riau IX di Kampar terdapat di 5 kecamatan yakni di Kecamatan XIII Koto Kampar, Bangkinang, Bangkinang Kota, Salo dan Rumbio Jaya.

    Sementara itu Bupati Kampar H Azis Zaenal dalam acara delegetion registration meeting (DRM) Porprov Riau IX 2017 menegaskan, bahwa berhasil atau gagalnya pelaksanaan Porprov IX 2017 adalah tanggung jawab bersama.

    Delegetion Registration Meeting (DRM) yang membicarakan tentang persiapan akhir pelaksanaan Porprov IX 2017 ini digelar di Aula Kantor Bupati Kampar, Selasa (10/10/2017).

    Kepada delegasi dari kabupaten dan kota lainnya yang hadir dalam pertemuan ini Azis mengajak seluruh kontingen kabupaten kota untuk bersama-sama menyemarakkan dan sukseskan pesta olahraga terbesar se-Provinsi Riau ini.

    "Ingatkan sehingga kami dengan cepat memperbaiki dan tidak mempermalukan provinsi Riau, sebab Porprov ini milik Provinsi Riau milik kita semua dan bukan milik Kampar," tegas Azis.

    Dalam penyelenggaraan Porprov IX Riau tahun 2017, Kabupaten Kampar mengusung misi sukses 3P yakni sukses penyelenggaraan, prestasi dan promosi. (ADV)




     
    Berita Lainnya :
  • Kampar Siap Rebut Juara Umum di Tanah Peradaban
  •  
    Komentar Anda :

     

     
     
     
    TERPOPULER
    1 Niat Hati Pinjam Uang,Justru Dibawa ke Hotel Diperkosa Berkali-kali
    2 Seorang Kakek Ditabrak Motor
    Saat Menyeberang Jalan
    3 Ibu Pergoki Putrinya Lagi Asyik Indehoy dengan Pacarnya
    4 Penemuan Mayat di Bandara
    Terkuak, Ternyata Bukan Lilitan Lakban Penyebab Tewasnya Firzha
    5 Geger..Penemuan Jenglot ! Dirontgen dan Tes DNA, Ternyata Hasilnya..
    6 PJ KADES BAWOHOSI VIKTOR MANAO,
    BERSEDIA MELAKSANAKAN DD TA.2018 YANG SUDAH TERLAMBAT.
    7 Fakta Baru: Selain Sakit Hati,Memang Niat Memperkosa
    8 Korupsi Peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih
    Bupati Bengkalis Mangkir dari Panggilan KPK
    9 Seorang Pria Tewas Saat Mandi di Air Terjun Batu Dinding Kampar
    10 Kepala Hancur, Otak Berserakan, Leher Koyak, Ilham Parapat Tewas
     

    Home | Daerah | Nasional | Hukum | Politik | Olahraga | Entertainment | Foto | Galeri | Advertorial | Suara buruh | Kepulauan Nias
    Pekanbaru | Siak | Pelalawan | Inhu | Bengkalis | Inhil | Kuansing | Rohil | Rohul | Meranti | Dumai | Kampar
    Opini | Redaksi | Index
    Pedoman Berita Siber

    Copyright © 2015-2016 mimbarkita.com
    Suara Keadilan Untuk Kebenaran